Perbedaan Etika dan Moral

1 min read

Apa sih sebenarnya perbedaan etika dan moral ? Etika dan moral merupakan dua kata yang yang saling berkaitan satu sama lain.

Untuk dapat mengetahui perbedaan etika dan moral anda perlu tahu lebih dulu mengenai pengertiannya. Oleh karena itu simaklah artikel ini hingga selesai.

Pengertian Etika dan Moral

Secara konseptual dasar kedua kata tersebut sama yaitu menilai sesuatu hal yang di anggap baik maupun buruk. Dan secara eksplisit keduanya sering di anggap sama walaupun sebenarnya makna dari kedua kata tersebut berbeda.

1. Etika

Etika adalah suatu pengetahuan yang masih terkait dengan suatu usaha dalam menentukan berbagai perilaku yang dilakukan oleh seseorang agar dikatakan baik atau buruk.

Etika berasal dari bahasa Yunani ethikos yang berarti kebiasaan adat dan watak seseorang. Dengan adanya etika maka pergaulan ditengah masyarakat akan terlihat apakah itu baik ataukah itu buruk.

Etika di kaitkan pada perilaku dan tindakan suatu golongan atau kelas tertentu yang menganut dan mempercayai budaya tertentu pula.

Oleh sebab itu cakupan etika hanya menjangkau pada sebuah kelompok tertentu saja. Seperti etika yang di anut para profesional yaitu pengacara, dokter, dan lain – lain.

2. Moral

Moral dapat di artikan sebagai suatu pengetahuan atau wawasan yang masih ada hubungannya dengan budi pekerti manusia.

Moral dapat disebut juga sebagai sebuah ajaran yang mengacu pada baik dan buruknya perilaku seseorang. Moral berasal dari bahasa Latinmoralis yang berarti karakter, tata cara, dan perilaku yang tepat.

Moral berasal dari bahasa Latinmoralis yang berarti karakter, tata cara, dan perilaku yang tepat. Landasan dalam penilaian moral biasanya berlandaskan agama dan budaya yang dianut.

Anda juga harus mengetahui Perbedaan Etnis dan Ras

Perbedaan Etika dan Moral

Perbedaan etika dan moral lebih jelasnya sudah kami rangkum dan dapat dilihat pada tabel berikut ini.

Perbedaan Etika dan Moral
PembedaEtikaMoral
Asal KataEtika berasal dari bahasa Yunani ethikos yang berarti kebiasaan adat dan watak seseorang.Moral berasal dari bahasa Latinmoralis yang berarti karakter, tata cara, dan perilaku yang tepat.
PengertianEtika merupakan ilmu yang menyelidiki baik dan buruknya perilaku seseorang manusia.Moral dapat diartikan sebagai suatu pengetahuan atau wawasan yang masih ada hubungannya dengan budi pekerti manusia.
SumberDiri sendiri (individu pribadi) atau dari orang lain (komunitas), lembaga dan kelompok.Dari norma masyarakat dan budaya.
SifatFilosofisPraktis
Fleksibilitas HukumKonsisten dan terus menerus pada suatu golongan kelompok atau kelas.Konsisten keberadaannya dalam masyarakat tertentu.
KonsepMerupakan cerminan dari moralKeyakinan tentang suatu hal dengan baik dan benar
LandasanBerlandaskan dari sebuah akan pikiran pribadi atau kelompok yang menilai benar tidaknya sesuatu hal.Berlandaskan keyakinan dari masyarakat mengenai hal yang benar dan salah.
KeterkaitanEtika tidak selalu diikuti dengan moral.Moral selalu diikuti oleh etika.

Note :

  1. Sifat dari etika adalah filosofis artinya bahwa etika termasuk dalam ilmu filsafat yang mempelajari perilaku baik buruknya seseorang.
  2. Sifat dari moral praktis karena masyarakat menerapkan moral dari agama dan budaya yang mereka anut, sehingga menjadikan suatu hal dapat mereka terima dan patuhi hukumnya.

Jadi adanya etika pasti di ikuti dengan adanya moral, namun adanya moral belum tentu di ikuti dengan adanya etika. Semoga artikel ini dapat di pahami dan bermanfaat. Terima kasih 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *